SEMEN PORTLAND


Semen portland dalam proses pengerasannya apabila bersentuhan dengan air, dan akan terbentuk suatu adukan yang disebut dengan pasta semen. Pasta semen portland tersebut apabila ditambahkan pasir dan kerikil lalu diaduk hingga sampai merata (homogen) maka dinamakan sebagai adukan beton. Pada proses pengerasan semen portland yang di campur dengan air, pasir dan kerikil tersebut berdasarkan hasil pengamatan lamanya kira-kira sekitar 3 jam, tetapi itupun dipengaruhi oleh mutu dan jenis semennya. Maka apabila di dalam proses pelaksanaan pekerjaan beton supaya dapat menghasilkan mutu beton yang bagus maka perlu pengawasan oleh orang yang mengerti betul tentang beton sehingga kualitasnya bagus. Sebagai dasar pengetahuan didalam pekerjaan konstruksi, tentang semen portland sebagai bahan pengikat untuk mutu dari kekuatan beton tersebut maka semen portland seperti kita ketahui ada 5 kelas, yaitu :
  1. Semen portland mutu S.325 umur 28 hari  dengan kekuatan tekannya 325 kg/cm2
  2. Semen portland mutu S.400 umur 28 hari dengan kekuatan tekannya 400 kg/ cm2
  3. Semen portland mutu S.475 umur 28 hari dengan kekuatan tekannya 475 kg/ cm2
  4. Semen portland mutu S.550 umur 28 hari dengan kekuatan tekannya 550 kg/ cm2
  5. Semen portland mutu S.S umur 1 hari dengan kekuatan tekannya 225 kg/ cm2 dan pada umur 7 hari kekuatan tekannya 525 kg/ cm2

Dari kelima kelas semen portland tersebut selama proses pengerasan di dalam pengerjaan beton untuk mendapatkan ikatan semen yang bagus dengan baja tulangan perlu pengawasan betul-betul.

0 Response to "SEMEN PORTLAND"

Posting Komentar