PENGETAHUAN DASAR ILMU UKUR TANAH UNTUK MEMPERPANJANG GARIS LURUS DI LAPANGAN


Pengetahuan dasar ilmu ukur tanah tentang memperpanjang garis lurus di lapangan hampir sama dengan cara membuat garis lurus di lapangan. Tetapi ada sedikit perbedaan di dalam memperpanjang garis lurus di lapangan titik – titik yang akan ditentukan di antara dua titik yang sudah diketahui di lapangan. Sedangkan pada pekerjaan memperpanjang garis lurus di lapangan titik – titik yang akan ditentukan di luar garis sudah diketahui, mungkin di belakang atau di muka dua titik yang sudah diketahui.  Dalam memperpanjang garis lurus di lapangan ini dapat dilakukan secara tim atau dapat juga perorangan. Sedangkan pada pekerjaan membuat garis lurus di lapangan minimal dikerjakan dua orang. Bisa dikerjakan secara perorangan, hanya saja arah geraknya harus mundur dan jarak yalon yang telah ditancapkan dengan yalon yang akan ditempelkan tidak terlalu jauh untuk menghindari kesalahan. Di dalam pengetahuan dasar ilmu ukur tanah dalam menggunakan alat ukur sederhana untuk dapat memperpanjang garis lurus di lapangan dengan benar, maka ada beberapa peralatan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu yaitu yalon, patok dan palu kayu, meteran, data board, serta alat tulis. Untuk lebih jelas dalam memahami pengetahuan pengetahuan dasar ilmu ukur tanah untuk membuat garis lurus di lapangan bisa di lihat pada gambar di bawah ini.
 Gambar pemasangan yalon untuk memperpanjang garis lurus di lapangan

Tahapan kerja dari gambar tersebut di atas untuk memperpanjang garis lurus dilapangan adalah sebagai berikut :
  1. Tancapkan dua buah yalon di lapangan, misalnya yalon P dan yalon Q.
  2. Orang pertama berdiri di belakang yalon titik P lebih kurang berjarak ± 25 cm  kemudian membidik ke arah Q.
  3. Orang kedua menempatkan  yalon R kira – kira  segaris antara yalon P dan Q.
  4. Orang pertama member isyarat orang kedua untuk menggeser – geser jalur R segaris dengan bidikan yalon P dan Q.
  5. Dan seterusnya dengan cara yang sama, orang kedua meletakkan yalon S segaris dengan yalon P dan Q dan yalon T segaris dengan P dan Q.
  6. Dengan demikian bila yalon Q, S, dan T dilihat dari depan yalon Q sudah tidak kelihatan karena tertutup oleh yalon R berarti P, R, S, T dan Q membentuk garis lurus.
  7. Hasil pengukuran beserta gambarnya dibuatkan.


0 Response to "PENGETAHUAN DASAR ILMU UKUR TANAH UNTUK MEMPERPANJANG GARIS LURUS DI LAPANGAN"

Posting Komentar