Langsung ini dia cuplikannya :
Selengkapnya bisa di download di link do bawah.
LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI PT. GRAMEDIA PERCETAKAN – JAKARTA
DI PT. GRAMEDIA PERCETAKAN – JAKARTA
Laporan ini diajukan sebagai salah satu syarat
untuk menempuh UAS/UN
LOGO
Disusun Oleh:
· SITI ASHANTI (9521/12009. 01)
· ELI MAHSUNNAH (9570/12058. 01)
· RISKA DWI SUSANTI (9548/12036. 01)
PEMERINTAH KOTA LAMONGAN
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN HASYM ASY’ARI PUCUK
Jl. Tanimbar No. 22 LAMONGAN
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN HASYM ASY’ARI PUCUK
Jl. Tanimbar No. 22 LAMONGAN
NOVEMBER 2014
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI PT. GRAMEDIA PERCETAKAN
Tanggal 08 Nopember 2013 s/d 05 Nopember 2014
Mengesahkan:
Asrry asas (IT MANAGER)
NIK: 88150
Pembimbing 1 Pembimbing 2
Sendi kadarmadi Andi Herman
NIK: 00250 NIK: 02345
Ketua Program Keahlian Menyetujui:
Taufik asas Dra. Kun madi
NIP. 19721210 200604 1 018 NIP. 19621117 198703 2 014
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur kehadirat Allah swt yang telah memberikan rahmat dan karunianya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan laporan hasil pelaksanaan praktek kerja industri (PRAKERIN).
Penyusunan laporan praktek kerja industri ini adalah salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) tahun diklat 2014/2012 dan laporan ini juga sebagai bukti bahwa penulis telah melaksanakan dan menyelesaikan praktek kerja industri di PT. GRAMEDIA PERCETAKAN – JAKARTA.
Laporan ini dapat disusun dan terselesaikan atas bantuan dari banyak pihak, oleh karena itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1. H. dnadani, Drs, S.Pd, M.Si selakuKepala Sekolah SMK Hasym asy’ari LAMONGAN
2. Farry Martria selaku IT Manager di PT Gramedia Percetakan yang telah memberikan tempat, kesempatan, dan fasilitas PRAKERIN.
3. Seffudin dan Budhi Hermawan selaku pembimbing PRAKERIN di PT. Gramedia Percetakan bagian IT yang telah menemani dan membimbing kami.
4. Bapak Taufik Priolaksono S.komp, M.Pd. dan Bapak Budi Utomo selaku pembimbing kami jurusan TKJ di SMK HASYM ASY’ARI LAMONGAN.
5. Kedua orang tua dan saudara kami yang telah mendukung dan memberikan doa restu.
6. Semua pihak yang telah membantu proses penyusunan laporan ini sehingga selesai dengan baik.
Semoga laporan ini dapat dipergunakan dan bermanfaat bagi ilmu pengetahuan.
Jakarta, 1 November 2014
PKL LAMONGAN
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN SAMPUL .................................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN ……………………………………….. v
KATA PENGANTAR ……………………………………………. viii
DAFTAR ISI …………………………………………………….... ix
DAFTAR TABEL ........................................................................... xi
DAFTAR GAMBAR ....................................................................... xiii
DAFTAR LAMPIRAN ................................................................... xiv
BAB I. PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang …………………………………….. 1
1.2. Dasar dasar Pelaksanaan Prakerin ……………….... 8
1.3. Tujuan Prakerin ………………............................... 8
1.4. Manfaat Praktik Kerja Industri ………………........ 9
BAB II. GAMBARAN UMUM OBYEK PRAKERIN
2.1. Profile Obyek Prakerin ………………………………. 1
2.2. Struktur Organisasi ………………….………………. 8
2.3. Kegiatan Usaha ………………................................... 8
BAB III. PELAKSANAAN DAN PEMBAHASAN
3.1. Waktu ……………………………………………….. 1
3.2. Tempat ……………………………………….…….... 8
3.3. Kegiatan Praktik Kerja Industri ………………......... 9
BAB IV. PENUTUP
4.1. Kesimpulan ...............................................................…. 66
4.2. Saran-Saran ...............................................................…. 67
LAMPIRAN-LAMPIRAN ……………………………………………. 73
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Setiap siswa lulusan SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja Karena lulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak dunia usaha/ industri,oleh karena itu diadakan suatu program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yaitu dengan melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) agar setiap siswa lulusan SMK mempunyai suatu pengalaman dalam dunia usaha sebelum memasuki dunia usaha tersebut secara nyata setelah lulus sekolah.
Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan sebagaimana yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja yang professional, karena keahlian professional seseorang tidak semata-mata diukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik bekerja, tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan kiat (arts) bekerja yang baik. Ada dua pihak yaitu lembaga pendidikan dan lapangan kerja (industri/ perusahaan atau instansi tertentu) yang secara bersama-sama menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan. Dengan demikian kedua belah pihak seharusnya terlibat dan bertanggung jawab mulai dari tahap perencanaan program, tahap penyelenggaraan, sampai penilaian dan penentuan kelulusan siswa.
1.2 Dasar-dasar Pelaksanaan Prakerin
Melihat kenyataan diatas, Dikmenjur menetapkan strategi operasional yang berdasarka kepada kebijakan “Link and Match” (kesesuaian dan kesepadanan) Kementerian Pendidikan Nasional dalam model penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda. Pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 2 tahun 1989 tentang sistem Pendidikan Nasional, PP Nomor 20 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah, PP Nomor 39 1992 tentang Peran serta Masyarakat dalam Pendidikan Nasional, Keputusan Menteri Nomor 080/U/1992 tentang Sekolah Menengah Kejuruan dan Keputusan Menteri Nomor 080/U/1993 tentang kurikulum SMK.
1.3 Tujuan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah merupakan suatu system pembelajaran yang dilakukan diluar Proses Belajar Mengajar dan dilaksanakan pada perusahaan/industri atau instansi yang relevan. Secara umum pelaksanaan program Praktek Kerja Industri ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dibidang teknologi, penyesuaian diri dengan situasi yang sebenarnya, mengumpulkan informasi dan menulis laporan yang berkaitan langsung dengan tujuan khusus.
Setelah siswa melaksanakan program Praktek Kerja Industri secara khusus siswa diharapkan memperoleh pengalaman yang mencakup tinjauan tentang perusahaan, dan kegiatan-kegiatan praktek yang berhubungan langsung dengan teknologi. Dan mempersiapkan para siswa/siswi untuk belajar bekerja secara mandiri, bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan potensi dan keahlian sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. Penyelenggaraan praktik kerja industri (PRAKERIN) pada SMK bertujuan untuk :
a. Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan.
b. Memperkokoh link and match antara SMK dan dunia kerja.
c. Meningkatkan efektifitas dan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas.
Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
1.4 Manfaat Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)
Prakerin adalah hal yang dilaksanakan di dunia industri, manfaat bagi sebuah sekolah adalah membantu menyediakan lapangan kerja atau tempat untuk melaksanakan praktek kerja di industry langsung.
Selain manfaat untuk sekolah itu sendiri, manfaat bagi perusahaan juga ada, yaitu mendapatkan tambahan tenaga kerja, walaupun tidak se-kompeten karyawan yang sudah ahli, anak yang magang setidaknya membantu pekerjaan yang ringan atau yang mereka mampu kerjakan untuk membantu karyawan.
Mendapat pengalaman kerja, ilmu, pengetahuan, yang bisa didapat di dunia kerja merupakan suatu yang sangat berharga yang bisa didapatkan dengan melaksanakan prakerin, dikarenakan kita seperti langsung terjun ke dunia kerja, dituntut untuk bisa mensupport suatu perusahaan semampu yang kita bisa guna untuk membantu mewujudkan visi dan misi suatu perusahaan, adalah hal yang sangat berharga.
Download Premium | Download Gratis
0 Response to "Download Laporan Prakerin (praktek kerja industri) TKJ"
Posting Komentar